Mengenal tokoh islam yang "DILUPAKAN SEJARAH"


Assalamualaikum,ikhwan dan akhwat sekalian

Kali ini kita akan membahas salah satu ilmuwan islam yang mungkin sudah dilupakan oleh sejarah..
Banyak sekali ilmuwan islam yang sudah sangat berpengaruh terhadap perkembangan zaman saat ini misalnya ibnu sina seorang perintis ilmu kedokteran yang saat ini ilmunya sudah di praktek kan di ilmu kedokteran dunia,coba bayangin kalau gak ada ibnu sina pasti sekarang kita ilmu kedokteran tidak semaju sekarang.tapi kali ini kita akan bahas seseorang yang berjasa namun tak banyak orang yang tau yaitu  Abu Ali Muhammad al-Hassan ibnu al-Haitham atau Ibnu Haitham/Alhazen

Abu Ali Muhammad al-Hassan ibnu al-Haitham atau Ibnu Haitham/Alhazen

Lebih dikenal dengan nama Alhazen seorang ilmuwan yang meneliti tentang sifat cahaya dan juga ahli dalam bidang sains, falak, matematika, geometri, pengobatan dan filsafat. Alhazen lahir di Basrah pada tahun sekitar 965 kemudian tinggal di Kairo hingga akhir usianya pada tahun 1039. 

Ibnu Haitham sangat mencintai ilmu pengetahuan bahkan sebelum diangkat menjadi pegawai pemerintahan di tempat kelahirannya. Setelah beberapa lama bekerja dipemerintahan beliau kemudian hijrah ke Ahwaz dan Mesir, dalam perjalanan ini Haitham menghasilkan beberapa karya tulis yang luar biasa tentang matematika dan falak. Tujuannya agar mendapat uang cadangan dalam menempuh perjalanan ke Universitas Al-Azhar.

Haytham telah menjadi seorang yang mahir dalam bidang sains, falak, mate¬matika, geometri pengobatan, dan falsafah. Tulisannya mengenai cara kerja mata manusia, telah menjadi salah satu Referensi yang penting dalam bidang kajian sains di Barat. Teorinya mengenai pengobatan mata masih digunakan hingga saat ini diberbagai Universitas di seluruh dunia. Para ilmuwan Eropa banyak menggunakan penemuannya sebagai pendalaman atas ilmu yang mempelajari sifat cayaha. Beberapa ilmuwan Eropa seperti Boger, Bacon dan Kepler terinspirasi dari Alhazen dalam menciptakan mikroskop serta teleskop. 
Ibnu Haitham merupakan ilmuwan yang gemar melakukan penyelidikan. Penyelidikannya mengenai cahaya telah memberikan ilham kepada ahli sains barat seperti Boger, Bacon, dan Kepler mencipta mikroskop serta teleskop. Beliau merupakan orang pertama yang menulis dan menemui pelbagai data penting mengenai cahaya.

Beberapa buah buku mengenai cahaya yang ditulisnya telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggeris, antaranya ialah Light dan On Twilight Phenomena. Kajiannya banyak membahaskan mengenai senja dan lingkaran cahaya di sekitar bulan dan matahari serta bayang bayang dan gerhana.

Menurut Ibnu Haitham, cahaya fajar bermula apabila mata­hari berada di garis 19 darjah di ufuk timur. Warna merah pada senja pula akan hilang apabila mata­hari berada di garis 19 darjah ufuk barat. Dalam kajiannya, beliau juga telah berjaya menghasilkan kedudukan cahaya seperti bias cahaya dan pembalikan cahaya.

Ibnu Haitham juga turut melakukan percubaan terhadap kaca yang dibakar dan dari situ terhasillah teori lensa pembesar. Teori itu telah digunakan oleh para saintis di Itali untuk menghasilkan kanta pembesar yang pertama di dunia.

Yang lebih menakjubkan ialah Ibnu Haitham telah menemui prinsip isi padu udara sebelum seorang saintis yang bernama Trricella mengetahui perkara itu 500 tahun kemudian. Ibnu Haitham juga telah menemui kewujudan tarikan graviti sebelum Issaac Newton mengetahuinya. Selain itu, teori Ibnu Hai­tham mengenai jiwa manusia sebagai satu rentetan perasaan yang bersambung-sambung secara teratur telah memberikan ilham kepada saintis barat untuk menghasilkan wayang gambar. Teori beliau telah membawa kepada penemuan filem yang kemudiannya disambung-sambung dan dimainkan kepada para penonton sebagaimana yang dapat kita tontoni pada masa kini.
Bagaimana ikwan dan akhwat yang saya cintai keren kan, oleh karena itu sebagai umat muslim yang berpendidikan kita harus mencontoh ibnu haitham agar umat muslim bisa Berjaya dari kemunduran islam saat ini. tetap semangat ya ikhwan dan akhwat yang saya cintai untuk raih cita-cita yang kita ingin capai di masa depan.
Sekian dari kami semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi kita semua
Terimakasih
Wasalamualaikum.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Susunan Kepengurusan Osis Putra SMPIT Nurul Islam Periode 2016/2017

Nurista Menghafal

PPDB SMPIT Nurul Islam Tengaran 2015/2016